- Aspek Geologi
- Geologi faktor terpenting menentukan jenis, bentuk dan biaya terowongan.
- Sebelum kontruksi terowongan dilakukan penyelidikan geologi teknik dan geoteknik dengan cara :Pemboran,Insitu testing, Adits, Pilot tunnel.
- Tinjauan Geoteknik
Dari sudut geoteknik konstruksi terowongan
melibatkan dua disiplin ilmu : Mekanika Tanah &
Mekanika Batuan - Konsep Umum Teknologi Konstruksi Terowongan
Syarat utama konstruksi suatu terowongan yaitu :
- Dapat dilaksanakan dengan aman
- Pelaksanaan konstruksi tidak boleh mengakibatkan
kerusakan pada bangunan atau instalasi penting
lainnya. - Harus dapat memiliki sistem pemeliharaan seminim
mungkin - Harus dapat menahan beban dalam jangka lama
terutama tekanan air dan tanah
dipertimbangkan adalah :
Penggalian
Penjagaan terhadap galian/bukaan
Perbaikan batuan
Pengaruh konstruksi terhadap struktur disekitar terowongan
- Kondisi Batuan
- Batuan kompeten, batuan intact yang keras yang tidak membutuhkan sokongan pada penggalian terowongan
- Batuan tidak kompeten, memiliki sifat diskontinu berupa joint, bidang foliasi, bedding planes dan sesar ataupun kekar
- Perubahan tegangan
- Perubahan Hidrolik
- Perubahan sifat material
- Kekuatan Tekanan Uniaksial dari batuan yang utuh (uniaxial compressive strength of intact rock material)
- Rock Quality Designation (RQD)
- Jarak diskontinuitas
- Keadaan diskontinuitas (condition of discontinuties)
- Keadaan air tanah (groundwater condition)
- Arah dari diskontinuitas (orientation of discontiunities)
- Masalah-masalah dalam pelaksanaan terowongan batuan
- Rute Terowongan Melewati Patahan :
- Bagian yang bisa ditemukan sepanjang rute terowongan pada gambar adalah :
- Lapisan sedimen horizontal, kecuali lokasi patahan, diperlukan studi regional dan lubanglubang bor
- Lapisan sedimen dg susunan miring tidak beraturan diatas granite yang dikelilingi oleh skis dan gneis.Zona patahan tidak dapat diteliti padapermukaan. Pemetaan rinci dipermukaan harusdilakukan juga pemboran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar